Home » » Contoh Paragraf Sebab Akibat

Contoh Paragraf Sebab Akibat

Contoh Paragraf Sebab Akibat saya buat untuk membantu para pelajar mengerjakan tugas bahasa indonesia. Ataupun membantu siswa untuk belajar mengenai jenis jenis paragraf yang salah satunya ialah paragraf Sebab Akibat.


Contoh Paragraf Sebab Akibat
Paragraf Sebab Akibat merupakan paragraf yang menjadi sebab dahulu ditulis lalu di akhir paragraf memuat akibatnya. Paragraf sebab akibat ini merupakan salah satu contoh pola berfikir induktif. Contoh lain dari paragraf yang pola pikirnya induktif adalah Paragraf Analogi,Paragraf Generalisasi, dan Paragraf Sebab Akibat.



Penalaran Induksi atau Induktif sebelumnya saya bahas dalam artikel contoh paragraf analogi , contoh paragraf generalisasi , paragraf sebab akibat. Semoga artikel disana bisa mmebantu anda sedikit memahami Penalaran Induksi atau Induktif.


Paragraf Sebab akibat sendiri bisa dibagi atas 3 yaitu:

  1. Menimbulkan 1 akibat
  2. Menimbulkan banyak akibat
  3. Menimbulkan sebab akibat berantai.

Contoh Paragraf Sebab Akibat

Contoh Paragraf Sebab Akibat 1;

Banyak sekali kasus penebangan hutan liar yang terjadi 10 tahun belakangan. Pemerintah sudah mengeluarkan berbagai aturan untuk menghukum para penebang liar. Namun faktanya penebangan liar terus terjadi sehingga merugikan banyak pihak. Akibat dari penebangan liar tanah tidak mampu menyerap air dengan baik dan juga tanah tidak adalagi yang mengikat. Olehkarena itu tiap datang musim hutan selalu terjadi bencana banjir dan juga tanah longsor.


Contoh Paragraf Sebab Akibat 2;

Budi adalah anak yang baik. Ia suka membantu orang tua kapanpun. Kebiasaan menabung,belajar, dan suka menolong sudah ia lakukan sejak masih kecil. Sekarang di sudah tumbuh menjadi seorang pemuda yang siap menjalani hidup. Akibat kebiasaan lamanya ia sudah siap menghadapi berbagai masalah yang datang silih berganti.

Contoh Paragraf Sebab Akibat 3;

Ani dan Ina adalah 2 orang yang bersahabat sejak mereka masih kecil. Suatu hari muncul masalah antara mereka berdua. Ani melaporkan Ina yang ketahuan sedang menccontek di kelas. Akibatnya Ina dipanggil ke ruang kepala sekolah dan diberi nasihat di sana. Karena tidak terima dengan perlakuan Ani yang sudah dianggap sebagai sahabat sejati Ina menjadi benci terhadap Ani dan mereka menjadi sering beradu mulut. Akibat beradu mulut terus menerus suatu saat mereka berkelahi dan saling melukai. Mereka seperti sudah lupa akan persahabatan mereka dulu.


Saya sudah memberi contoh untuk 3 kasus yaitu kasus paragraf Sebab Akibat yang menimbulkan 1 akibat, yang menimbulkan banyak akibat dan yang menimbulkan sebab akibat berantai.
Sekian sedikit pembahasan mengenai Contoh Paragraf Sebab Akibat
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 22.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger